Kamis, 11 Oktober 2012


Tujuan Pemberian Layanan Housekeeping untuk Tamu1.

Memberikan layanan yang lebih kepada tamu hotel2.

Membentuk citra hotel terhadap layanan hotel3.

Membuat tamu merasa seperti di rumah sendiri4.

Menciptakan keunikan tersendiri5.

Membuat tamu merasa puasD.

Langkah-langkah Menangani Permintaan Tamu1.

Greeting dan tawaran bantuan2.

Dengarkan dengan baik dan konfirmasikan permintaan tamu untuk menghindari kesalahan3.

Beritahukan pada tamu jangka waktu yang diperlukan untuk memenuhi permintaantersebut4.

Tindak lanjuti permintaan tamu dalam batas waktu yang disepakati5.

Laporkan permintaan tersebut kepada housekeeping atau yang menangani6.

Identifikasi barang yang dimintaE.

Jenis Layanan Housekeeping1.

Layanan yang ditangani oleh Order Taker yaitu,a)

Layanan peminjaman barang seperti setrika dengan papannya atau peralatan salatb)

Layanan pembersihan kamarc)

Layanan permintaan extra bedl baby coatd)

Layanan pengantian linen kamare)

Layanan kerusakan di kamarf)

Layanan perpindahan kamar2.

Layanan yang ditangani oleh personal butleri private butlerLayanan yang diberikan yang biasanya siap di kamar-kamar akan bersifat lebih personalsehingga dikenal dengan istilah Personal Butler Service, oleh karena petugas tidak bolehmelayani tamu lain selain tamu yang berada di kamar tersebut.Memberi saran tamu mengenai perlengkapan housekeepingA.

Layanan pengepakan barang pada saat berangkatProsedur layanan pengepakan barang-barang tamu yaitu sebagai berikut :1.

Tanyakan kepada tamu kapan barang bawaannya akan dikemas.2.

Kelompokkan jenis barang sesuai dengan jenisnya.misalnya,pakaian,elektrik,dokumen,danlain-lain.3.

Atur dan tata semua barang tersebut di dalam koper/tas tamu4.

Untuk barang elektronik bungkus terlebih dahulu dengan plastik pembungkus untukmenghindari basah5.

Pastikan semua barang telah dimasukkan ke dalam koper6.

Beri tanda penanganan barang dan sticker hotel.7.

Sampaikan kepada tamu barang telah selesai di kemas.B.

Layanan merapikan pakaian tamu pada saat kedatangan1.

Tanyakan kepada tamu apakah barang-barang tamu dapat ditata di dalam lemar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar